Minggu, 16 Desember 2012

Penyebab Rambut Rontok

Perubahan hormonal, iritasi atau kerusakan, fase pertumbuhan beberapa folikel rambut lebih pendek dan menghasilkan rambut yang lebih tipis dan lebih pendek. Setiap orang mengalami siklus rambut yang berbeda-beda. Secara umum pertumbuhan rambut dikepala disebut Anagen, yang dapat berlangsung selama 2-3 tahun. Selama berlangsungnya fase pertumbuhan rambut tersebut dari rambut rontok, rambut tumbuh kurang dari 2 inci setiap bulannya dengan waktu jeda yang disebut Telogen. Dalam fase telogen berlangsung selama 3-4 bulan. Pada fase jeda ini rambut akan mengalami kerontokan dan kemudian digantikan dengan tumbuhnya rambut baru.
Pada umumnya, rambut rontok mengalami kerontokan 50-100 helai setiap harinya. Dibandingkan rambut yang berjumlah 100.000 helai di setiap kepala, tetapi tidak menyebabkan penipisan rambut berlebih. Rambut yang mulai menipis biasanya disebabkan oleh faktor usia yang semakin bertambah. Jika rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh, dan jika rambut tumbuh lebih tipis dibanding rambut yang rontok pada bagian tertentu. Infeksi seperti Ringworm dapat menyerang rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. Namun akan tumbuh kembali apabila infeksi tersebut telah teratasi. Ringworm sejenis jamur yang mudah diobati dengan menggunakan obat antijamur yang dioleskan atau diminum.
Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok –

 Rambut rontok bisa dialami siapa saja. Kerontokan rambut menjadi masalah tersendiri ketika kerontokan itu parah. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut , baik secara tradisional alami dan ataupun secara modern. Rambut yang rontok lama-kelamaan bisa saja menyebabkan kebotakan dan tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri Anda.Lantaran bukan hanya efek samping dan dampak yang berlebih, sekaligus hemat didalam keuangan anda. Serta yang sangat perlu anda harus memahami type rambut serta type kulit kepala anda. Seterusnya baru kita dapat tentukan type perawatan rambut rontok yang cocok dengan kondisi rambut serta kulit kepala anda.Beberapa fakta menunjukkan penyebab rambut rontok antara lain adalah kebiasaan merawat rambut yang tidak baik, rambut rontok karena tubuh sedang tidak sehat, dan karena keturunan rambut rontok. Tanda-tanda rusaknya rambut, diantaranya rambut gampang rontok, kering, kusam serta tidak elastis. Supaya rusaknya tidak makin kronis butuh penanganan yang extra. Perawatan rambut rontok tidak cukup cuma dengan pemakaian sampo saja. Lantaran umumnya sampo yang beredar di pasaran semakin banyak yang mengutamakan aspek kosmetik. Yang mengakibatkan bukannya rambut kita bagus, tetapi malah rontok dan jelek apalabi kalau semakin kering.


Adapun penyebab rambut rontok karena kebiasaan yang tidak baik misalnya adalah kebiasaan memanaskan rambut baik itu dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron;
terlalu sering mencuci rambut dalam sehari yang akan membuat kadar minyak alami pada rambut berkurang sehingga menyebabkan rambut mudah patah; kebiasaan menggunakan sisir yang bergerigi rapat; kebiasaan mengikat rambut dengan ketat.

Sementara itu penyebab rambut rontok karena tubuh tidak sehat antara lain adalah sebagai berikut:

Rambut rontok karena hypo atau hyperthyroidism Hypo atau hyperthyroidism dapat menyebabkan rambut rontok? Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Adapun cara mengatasi kedua kondisi ini bisa saja mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyeimbangkan kembali hormon tiroid dalam tubuh Anda.

Rambut rontok karena stres Apa hubungannya stress dengan kerontokan rambut? Begini saudara-saudara yang budiman.., tingkat stres yang tinggi konon bisa menyebabkan folikel rambut "tertidur" karena terserang oleh sel darah putih. Akibatnya tak lama kemudian rambut akan mengalami kerontokan. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa saja melakukan relaksasi melalui aktivitas yoga, terapi, meditasi dan lain-lain. Hindari tekanan dan penyebab stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut yang lebih parah yang dapat mengarah pada kebotakan. Rambut akan mulai tumbuh kembali ketika pori-pori kulit kepala sudah tertutup.
Rambut rontok karena anemia Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi sangat diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Bila ini dibiarkan, maka salah satu efeknya akan membuat rambut Anda rontok. Solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan vitamin C. kehadiran vitamin C akan membantu penyerapan zat besi sehingga rambut rontok dapat diatasi dengan cara murah, cepat dan efektif.

Rambut rontok karena kekurangan kalori Bagaimana kita bisa kekurangan kalori? Hmm.., hal ini biasanya akan dialami oleh orang-orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Mereka akan menempuh berbagai cara termasuk diet ketat rendah kalori. Diet semacam ini akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan secara umum, termasuk kesehatan rambut. Untuk mengurangi dampaknya, pastikan untuk memberikan tubuh dengan asupan protein yang cukup. Perlu Anda ketahui bahwa protein merupakan zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut agar kuat dan tidak mudah rontok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar