Rabu, 12 Desember 2012

Tau kah Anda dengan Bunga Sakura ?

 
Bunga Sakura adalah bunga yang paling banyak dijumpai di Jepang sekaligus menjadi bunga nasionalnya. Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Sakura merupakan bunga yang sangat dicintai dan dibanggakan oleh masyarakat Jepun. Ia menjadi simbol nasional bangsa ini. Para pejabat Pemerintah dan diplomat Jepun, misalnya, sering menggunakan lambang sakura sebagai "lapel pin" pada baju mereka. Bunga sakura juga menjadi moto yang muncul dalam berbagai kerajinan khas Jepun, misalnya pada kimono, yukata, kipas, cangkir, dan lain-lain.
Bunga sakura berwarna merah muda, sangat muda sehingga ia tampak agak putih dari kejauhan. Bunga ini mempunyai lima kelopak dan sangat kecil, sehingga susah untuk menikmati keindahannya secara individual. Keindahan sakura terletak pada jumlahnya bunga yang sangat banyak memenuhi batang pohon, dan mekar bersama.
 
Bunga digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:
1.    bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
2.   bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
3.   bunga semi ganda
Pohon sakura berbunga setahun sekali. Jenis bunganya beragam hingga 300 macam,beberapa misalnya:

1. YAMA ZAKURA

Ini adalah bunga sakura orisinil (asli), sebelum dilakukan berbagai hasil persilangan yang jenisnya sekarang mencapai 300 varities.


2. OSHIMA SAKURA Walau terkesan sama2 berwarna putih seperti Yamazakura, namun bila dilihat dengan seksama banyak sekali perbedaannya.



3. SURUGA DAI NIOI ZAKURA



4. SOMEI YOSHINO




5. KOTO HIRA ZAKURA



6. ICHI HARA TORA NO'O

Tidak ada komentar:

Posting Komentar