Minggu, 18 November 2012

FISIOLOGI TUMBUHAN DAN SEL TUMBUHAN



Fisiologi adalah ilmu yang mampelajari fungsi tumbuhan.
Ribuan macam reaksi kimia berlangsung di dalam setiap sel hidup yaitumengubah bentuk air, garam mineral, dan gas dari lingkungan menjadi bentuk jaringan yang terorganisasi serta berbagai organ tumbuhan
Sel prokariot : bakteri ganggang hijau biru.
Membran adalah bahan berupa selaput yang sangat tipis, sebagian besar terdiri atas lipid dan frotein, yang memisahkan sel dari sel lain dan sering juga memisahkan bagian- bagian sel dan sekelilingnya.
- Eukariot mengandung beberapa jenis organel (organ kecil ) yang masing masing terbungkus oleh sistem membran tunggal atau rangkap.
- Nukleus (Inti) pada sel eukariot di bungkus oleh sebuah membran rangkap, namun sel prokariot hanya memiliki sebuah benda pusat yang di sebut nukleoid yang di kelilingi oleh sitoplasma dan bukan oleh membran.  
Sel eukariot : protisa, cendawan dan tumbuhan
Sel utama prokariot juga terdat pada sel eukariot, namun sel eukariot memiliki beberapa struktur tambahan lain yang sebagian besar terbungkus oleh membran.  
Dinding sel
1. Dinding sel primer
Di bandingkan dengan keseluruhan sel atau bahkan dengan dinding sekunder saja dinding primer itu tipis. Tebalnya antara 1-3 um ( kira-kira setebal seluruh sel bakteri).
2. Dinding sel sekunder
pada banyak sel tumbuhan, protoplas mengsekresikan  dinding sekunder setelah sel berhenti menbesar.
Dinding sel sekunder umumnya lebih tebal di bandingkan dinding sel primer, beberapa di antaranya memiliki ketebalan beberapa micrometer.
3. Lamela tengah. Senyawa perekat yang berupa gel merekatkan sel-sel yang berdampingan, membentuk lamela tengah.
4. Ceruk,plasmodesmata, dan bentuk dinding sel lain. Dinding sel prmer biasanya memiliki sejumlah daerah penipisan yang di sebut lapang cekuk.

Protoplas eukariot.
Protoplasma eukariot adalah Metriks berair yang kompleks yang mengandung banyak melekul, sebagian dalam bentuk suspensi koloid.
Karena sebagian besar bagian yang berpotensi kimia di dalam sel berada di protoplasma maka protoplasma di anggap bagian yang paling hidup dari sel.
Komponen sitoplasma
Sejak abat yang lalu bahwa sistem endomembran meliputi retikulum indoplasma, badan golgi, selimut inti dan organel sel serta membran lain yang berasal dari retikulum endoplasma atau badan golgi.

Sistem endomembran
sistem endomembaran berperan penting dalam produksi organel sitoplasma,dalam pengendapan berbagai bahan dari organel tersebut. 
-          Ribosom ribosom tersebar di sitoplasma atau bergabung dengan ER kasar di dalam sel, dan selalu di membran rangkap ER di sisis sitosol.
-          Mitokondria pada microscop cahaya mitokondria terlihat seperti bulatan, batang atau kawat kecil yang  beragam bentuk dan ukuran nya.
-          Plastid merupakan struktur khusus di selimuti oleh sistem membran rangkap, di temui hanya pada tubuhan dan beberapa protista.
 Ada dua macam plastid berwarna
  1. Kloroplas yang mengandung kloropil dan berbagai pigmen yang menyertai.
  2. Kromoplas mengandung suatu sistem membran yang bernama tilakoid yang sering sambung menyambung menbentuk tumpukan menbran yang yang di sebut garana.  
Vakuola
Vakuola adalah Benda khas di tumbuhan selain dinding sel dan plastid.
Vakuola di anggap sebagai bagian dari sistem edomembran.
- Peran vakuola dalam turgiditas dan bentuk jaringan yang tersusun dari banyak sel yang hanya memiliki dinding primer. Adalah akibat adanya air dan bahan yang terlarut yang menekan dari dalam vakuola.   
 Vakuola untuk penyimpanan dan penimbunan konsentrasi bahan terklarut di vauola itu tinggi hampir setinggi konsentrasi garam di laut, umumnya ( 0,4 – 0,6 m )
- Vakuola sebagai lisosom dalam hal ini berlaku organel sel yang umum di dapati di sel hewan, beberapa cendawan dan protosida.  
Flagea da silia
Pada umumnya di temukan pada ganggang, cendawan, protozoa, hewan kecil ( mikroskopik) lain. Sel khusus pada hewan, dan sel kelamin khusus pada tumbuhan tingkat rendah tertentu dan pada gemnosperma.
Mikroskop elektron mengungkap bahwa Flagea da silia memiliki organisasi dalam yang tepat terdiri dari 9 pasang yang mengitari mikrotobul lain.  
Sel tumbuhan
Patut di ingat bahwa ada 3 keistimewaan dari sel tumbuhan di bandingkan dengan sel hewan yaitu dinding sel yang sulosanya : vakuola yang menpelajari tekanan dan memperbesar volume serta luas permukaan meskipun dengan protoplasma sedikit dan flastid, khususnya kloroplas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar